Wednesday, August 17, 2011

Adakah Sekuel Film Dawn of The Dead?

Film zombie Dawn of the Dead besutan karya dari sutradara Zack Snyder, yang dirilis tahun 2004 lalu, merupakan salah satu film zombie yang paling dinanti dan ditunggu lanjutannya oleh zombie movie-freaks diseluruh dunia. Dimana film ini termasuk salah satu film zombie yang pendapatan kotornya bisa menembus angka US$59 juta hanya di Amerika Serikat saja, dan total lebih US$102 juta diseluruh dunia. Dan film Dawn of the Dead ini sekarang berada diperingkat ketiga All-Time Box Office untuk kategori film zombie, setelah Resident Evil: Afterlife (2010), dan diperingkat pertamanya adalah Zombieland (2009).

Film Dawn of the Dead ini sebenarnya merupakan remake dari film zombie dengan judul yang sama karya The Grandfather of Zombie, tiada lain adalah George A. Romero, yang dirilisnya pada tahun 1978. Sehingga setting cerita dari film ini tetap sama, yaitu sewaktu di dunia sedang terjadi zombie apocalypse, dan ada beberapa survivor yang berhasil menyelamatkan diri mereka dengan berlindung di dalam mall, dan terkepung oleh ratusan zombie. Namun yang membedakannya adalah zombie-zombie di film karya Zack Snyder ini lebih cepat dan agresif  dibandingkan para zombie di film buatan George A. Romero yang cenderung lamban, atau biasa disebut dengan walking zombies.

Nah, mengutip berita dari moviesonline.ca bahwasanya Zack Snyder mengatakan kepada Sci Fi Wire kalau dirinya sudah didekati oleh pihak Universal Pictures untuk melakukan follow-up kembali film Dawn of the Dead yang dibuatnya itu. Dan sekedar info saja kalau Universal Studios adalah yang mendistribusikan film tersebut, dimana produksi untuk film Dawn of the Dead ini memakan biaya hingga US$26 juta.

Image foto diambil dari moviesonline.ca
Menurut informasi dari sang sutradara, yaitu Zack Snyder, pada awalnya dia mengajukan kepada pihak  Universal  Pictures supaya lanjutan film ini adalah remake dari film zombie lain karya George A. Romero juga, yaitu Day of the Dead. Namun pihak Universal ternyata tidak begitu tertarik dengan ide tersebut. Sehingga dia dan James Gunn yang menjadi penulis naskah film itu, mencoba untuk membuat satu cerita baru, namun mereka mengalami kesulitan untuk mengembangkan kisahnya dikarenakan perubahan dari karakter zombie yang berbeda dibandingkan ala Romero. Dan Zack Snyder mengatakan juga, walau pembicaraan dengan pihak Universal Pictures sudah berjalan, tetapi projek ini belum mendapatkan kepastian kapan akan dimulainya.

Sebelum Universal Pictures berbicara dengan Zack Snyder mengenai lanjutan film Dawn of the Dead ini, James Gunn pernah mengatakan kepada Bloody Disgusting di Chicago sewaktu mempromosikan filmnya yang berjudul Slither dengan Universal Pictures sebagai distributornya, kalau dia tidak tertarik untuk membuat sequel dari film Dawn of the Dead. Tetapi kemudian produser film Slither, yaitu Eric Newman yang juga menjadi produser di film Dawn of the Dead: Remake, segera mengklarifikasi kepada khalayak yang hadir bahwa maksudnya adalah untuk sementara ini tidak ada rencana untuk segera membuat sequel dari film Dawn of the Dead. Hingga Zack Snyder kemudian didekati oleh Universal pictures, lalu dia mengajak James Gunn untuk mengolah lanjutan cerita film Dawn of the Dead. Namun pada akhirnya James Gunn memutuskan tidak melanjutkan menulis naskah untuk sequel dari film ini, sementara Zack Snyder mengumumkan kalau dia bersedia menyutradari lanjutan dari film Dawn of the Dead.

Tetapi ada kabar juga kalau naskah lanjutan dari film Dawn of the Dead ini "bocor" sehingga sudah banyak yang tau garis-besar dari ceritanya. Kalau menurut 100 Internets, film Dawn of the Dead sequel akan menceritakan tentang pencarian saudara dari Sersan polisi Kenneth Hall yang diperankan oleh Ving Rhames dengan bagus di film ini. Jadi dikisahkan saudaranya Kenneth Hall itu adalah tentara yang sedang berada di dalam helikopter untuk menjemput saudara polisinya itu di mall. Tetapi kemudian dia mendapatkan panggilan radio dari markasnya, Fort Pastor, untuk kembali dikarenakan para korban gigitan zombie yang ditampung di dalam markasnya itu lalu berubah jadi zombie, dan menyerang serta mengigiti para tentara dan  juga para survior di dalam markas tersebut. Sayangnya tidak ada konfirmasi yang jelas mengenai berita ini.

Sementara itu, dari zombienews.com diberitakan kalau produser dari Dawn of the Dead yang Original (1978) dan juga Remake (2004), Richard P. Rubinstein mengatakan kepada Fangoria kalau dia dan team-nya mempunyai rencana untuk menyutradarai lanjutan dari film Dawn of the Dead. Dimana ceritanya mengenai para survivor yang berhasil dijemput oleh helikopter dari mall, seperti yang diceritakan di akhir film tersebut. Dan konon kabarnya Tony Todd yang main di film zombie klasik The Night of Living Dead karya George A. Romero akan ikut serta berperan di sequel film Dawn of the Dead nantinya. Tetapi masih belum jelas, apakah Tony Todd akan menggantikan karakter  salah satu survivor, yaitu Peter Washington sang polisi S.W.A.T. yang dimainkan oleh aktor horor legendaris Ken Foree, atau akan ada peran lainnya untuk dirinya. Jadi nanti lanjutan dari film Dawn of the Dead versi original bukanlah film Day of the Dead, tetapi kemungkinan akan memakai judul Dawn of the Dead 2.

Selain itu, Richard Rubinstein juga akan mengedarkan kembali film Dawn of the Dead yang original dalam format 3-D, dengan bantuan dari In-Three, Inc. yang sudah berpengalaman di dalam mengubah film biasa atau 2-D menjadi 3-D. Film yang sudah dikerjakan oleh mereka diantaranya adalah Transformer: Dark of the Moon 3-D (2011) dan Alice in Wonderland 3-D (2010). Mereka nantinya yang akan bertanggung jawab untuk segala proses "dimensionalization" dari film Dawn of the Dead 3-D.

Total biaya untuk pembuatan film Dawn of the Dead karya George A. Romero ini adalah US$650 ribu, tetapi meraup pendapatan kotor hingga US$5.1 juta di Amerika Serikat saja, dan US$55 juta di seluruh dunia. Dan film ini terkenal dengan jargonnya, "When there's no more room in hell, the dead will walk the Earth."

Begitulah berita dan kabar mengenai sequel dari salah satu film zombie terbaik yang pernah ada, masih simpang siur dan belum ada kepastian yang jelas. Kita tunggu saja kelanjutan ceritanya, bila memang ada nanti sequel dari film Dawn of the Dead, entah itu versi original ataupun versi Zack Snyder yang lebih dulu. Yang pasti blog ini akan terus memberikan informasi terbaru dan terkini seputar film Dawn of the Dead.

Salam Zombie!


No comments:

Post a Comment