Wednesday, July 26, 2017

Colin, Film Zombie dari Inggris dengan Biaya Super Murah

Film yang dirilils pada tahun 2008 ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Colin yang pulang ke rumahnya dengan membawa luka ditangannya. Sesampainya di rumah, Colin diserang oleh teman satu rumahnya yang telah menjadi zombie namun berhasil dia bunuh. Tetapi tidak lama kemudian dirinya juga berubah jadi zombie akibat gigitan ditangannya, dan mulai melangkah keluar rumahnya. Colin berjalan menyusuri kota London yang sedang terjadi zombie outbreak dan itu adalah inti cerita dari film zombie ini, yaitu melihat situasi zombie outbreak dari perspective alias sudut pandang zombie. Karena biasanya zombie adalah musuh manusia, maka di film Colin penonton diajak melihat keadaan yang terjadi di zombie outbreak dari mata zombie.


Film Colin secara tidak langsung memberikan inspirasi terhadap novel yang kemudian diangkat menjadi film, tiada lain adalah Warm Bodies (2013). Tetapi Colin bukanlah film zombie pertama yang mengangkat ide seperti ini, karena sudah ada film zombie Inggris lainnya, yaitu I, Zombie: A Chronicle of Pain yang dirilis pada tahun 1998 dan dirilis oleh Fangoria Films.

Colin dibuat oleh Marc Price yang bertindak sebagai sutradara, penulis cerita, produser, cinematography, dan film editing.  Luar biasanya adalah film Colin dibuat hanya dengan memakai Panasonic mini-dv camcorder dan dieditnya memakai software Adobe Premiere 6. Untuk mendapatkan aktor dan artisnya, maka Marc Price mengundang mereka melalui Facebook juga Myspace, serta teman-temannya dan juga profesional yang mau tidak dibayar untuk portfolio mereka. Total produksi selama 18 bulan, dan Konon infonya biaya untuk membuat film zombie ini hanya 45 pound sterling atau setara dengan US$70 yang sebagian besar dipakai untuk konsumsi berupa teh dan kopi bagi para crew serta pemainnya di lokasi syuting. Crazy, right. Dan hebatnya lagi, film ini masih bisa menghasilkan pendapatan sebesar US$798 ketika ditayangkan dalam satu bioskop di Inggris. Film Colin berhasil masuk menjadi nominator di British Independent Film Awards 2009.

Zombie di film Colin bertipe infected karena kebanyakan masih fresh dan baru menjadi zombie, serta walking zombie. Dan untuk makeup special effect bisa dikatakan cukup bagus buat film dengan budget sangat rendah tersebut. Hikmah dari film Colin adalah kreatifitas tanpa batas tidak terikat oleh uang. Semangat berkarya.

No comments:

Post a Comment