Thursday, August 25, 2011

Penyebab Munculnya Zombie di Film Night of The Living Dead

Banyak penggemar film zombie yang masih bertanya-tanya, apakah penyebab dari munculnya mayat-mayat hidup pemakan daging di film zombie apocalypse pertama karya sutradara George A. Romero, Night of The Living Dead? Apakah dari virus, wabah penyakit, atau disebabkan oleh bahan-bahan kimiawi,  bencana alam, radiasi nuklir, atau apa?

Ternyata munculnya para zombie di film Night of The Living Dead dan juga film zombie klasik karya The Godfather of Zombies lainnya, yaitu Dawn of The Dead serta Day of The Dead adalah disebabkan oleh kembalinya sebuah satelit dari ruang angkasa ke bumi dengan membawa serta radiasi yang aneh. Lalu satelit tadi kemudian meledak ketika memasuki atmosfir bumi sehingga radiasi tersebut malah bertebaran jatuh ke bumi, menyebabkan bangkitnya para mayat-mayat hidup yang sudah bertransformasi menjadi zombie pemakan daging, serta mampu mengubah seseorang menjadi zombie bila orang tersebut tergigit oleh mayat hidup tadi. Jadi begitulah asal muasal munculnya zombie pemakan daging ala Romero, dan bukan dari wabah penyakit atau virus.

Film Night of The Living Dead dapat dikatakan sebagai film zombie pertama yang menjadikan manusia sebagai mangsa dan juga makanan mereka, serta hanya bisa dibinasakan dengan di tembak atau dihancurkan kepalanya. Dan di film inilah pertama kalinya zombie muncul dengan jumlah yang banyak serta memberikan teror kepada manusia atau yang dikenal dengan istilah zombie apocalypse.

Poster filmtahun 1968 diambil dari movieforum.com
Night of The Living Dead dirilis pada tanggal 1 Oktober 1968 di Amerika Serikat, dan belum berwarna atau masih hitam-putih. Penulis cerita dari film zombie klasik ini adalah George A. Romero dan John A. Russo, dengan biaya untuk pembuatan film Night of The Living Dead adalah US$114 ribu. Namun hingga kini film tersebut telah menjadi Box Office dengan total pendapatan kotor hingga US$42 juta.

Sebenarnya yang menjadi inspirasi dari George A. Romero untuk membuat film Night of The Living Dead berasal dari sebuah novel horor fiksi karya Richard Matheson yang terbit di tahun 1954 dengan judul I Am Legend. Namun yang membedakannya adalah makhluk di dalam novel tersebut berwujud vampire, sementara Romero dan Russo memakai mayat hidup pemakan daging.

Night of The Living Dead sudah dua kali dibikin ulang, yang pertama di tahun 1990 dengan Tom Savini sebagai sutradaranya, dan Tony Todd yang populer sebagai hantu pembunuh dalam film horror Candyman, serta Patricia Tallman sebagai pemeran utamanya. Di versi Remake ini, Tom Savini membuat Night of The living Dead menjadi lebih banyak adegan sadis serta brutalnya. Dan pembuatan ulang yang kedua dari film ini adalah di tahun 2006, dengan judul Night of The Living Dead 3-D karena berformat 3 Dimensi, dengan disutradarai oleh Jeff Broadstreet. Namun film 3-D ini tidak seperti yang dikerjakan oleh Tom Savini dengan mengadopsi cerita aslinya dari Romero,  melainkan berbeda, dan tidak sukses dipasaran. Namun Jeff Broadstreet kembali akan merilis lanjutan dari film 3-D ini dengan judul Night of The Living Dead 3-D: Re-Animation di tahun 2012.

Sementara ini dikabarkan kalau John Russo sedang membuat lanjutan dari film Night of The Living Dead dengan judul Escape of The Living Dead, dan ia yang bertindak sebagai sutradara sekaligus penulis naskahnya. Pembuatan film ini sudah mulai dilakukan dengan Helena Ball sebagai salah seorang pemainnya.

Tetapi di lain pihak, Simon West yang menjadi sutradara di film Lara Croft: Tomb Raider dengan Angelina Jolie sebagai pemain utamanya, juga membuat film animasi modern dari Night of The Living Dead dengan tambahan judul yaitu Origins 3-D, dan Zebediah de Soto sebagai sutradaranya. Film ini juga dibintangi pemeran Night of The Living Dead versi Tom Savini, yaitu Tony Todd dan Bill Moseley. Pemeran lainnya dalam film ini diantaranya adalah Daniella Harris,  Jesse Corti, Alona Tal dan Joe Pilato yang juga main di dua film zombie karya George A. Romero, yaitu Dawn of The Dead dan Day of The Dead.

Pihak yang juga akan membuat film Night of The Living Dead dan akan merilisnya di tahun 2012 adalah Loyal's House of Blood Production. Konon kabarnya mereka telah menunjuk sutradara film Kung Fu Panda, yaitu John Stevenson untuk menulis cerita sekaligus menyutradari film tersebut.



No comments:

Post a Comment