Wednesday, May 24, 2017

La Horde Film Zombie Perancis Terkeren

Walau Hollywood atau Amerika Serikat dikenal sebagai negara yang banyak membuat film zombie, namun Eropa juga mempunyai film zombie yang tidak kalah bagusnya. Diantaranya film zombie dari daratan Inggris, seperti 28 Days Later (2003) dan Shaun of the Dead (2004). Kemudian ada film [Rec] yang dirilis pada tahun 2007 dari Spanyol, dan film Rammbock: Berlin Undead (2010) dari Jerman.

Perancis juga pernah membuat film zombie di era tahun 1980-an, tetapi kebanyakan B-Movie dengan banyak menampilkan adegan telanjang dan makeup yang tidak terlalu bagus. Diantaranya ada film  berjudul Le lac des Morts Vivans atau Zombie Lake di tahun 1981. Kemudian ada L'abime des Morts-Vivants atau Oasis of the Zombies di tahun 1982, dan film yang menurut kritikus film cukup bagus namun tidak murni zombie adalah Les Revenants atau They Came Back di tahun 2004.

Di tahun 2009, Perancis membuat film zombie yang bagus dan seru, baik dari sisi cerita atau makeup spesial efeknya, berjudul La Horde. Dibuat dengan budget produksi sebesar dua juta Euro atau sekitar US$ 2.7 juta, dan berhasil mendapatkan dua penghargaan di Fantasporto tahun 2010 dalam kategori International Fantasy Film Award untuk Best Cinematography, dan Best Screenplay. Fantasporto adalah international film festival yang fokus kepada fantasy/science fiction/horror genre, dan diselenggarakan setiap tahunnya di  kota Porto, Portugal.

Penghargaan lain yang diterima oleh film La Horde adalah dari Festival international du film fantastique de Gerardmer di Perancis tahun 2010, dalam kategori Sci-Fi Jury Award.

Film La Horde menceritakan tentang empat orang polisi korup yang melakukan balas dendam terhadap kelompok penjual narkoba, dikarenakan salah seorang rekan polisi dibunuh oleh kelompok penjahat tersebut. Keempat polisi itu kemudian menyerang ke tempat penjual narkoba tersebut berada, yaitu di sebuah apartment yang terletak dalam daerah rawan di kota Paris. Tetapi disaat bersamaan dengan penyerbuan mereka terjadi zombie outbreak, dan apartment itu diserang oleh gerombolan zombie kelaparan. Sehingga keempat polisi tadi harus kerjasama dengan kelompok penjahat yang sebelumnya ingin mereka bunuh, dan berjuang bersama-sama menghadapi keganasan para zombie untuk bisa hidup serta keluar dari apartment tersebut.

Film La Horde dikabarkan melibatkan sekitar 300 zombie sebagai figurannya, dengan tipe zombie lari atau running zombie. Namun sayangnya secara komersial film ini dapat dikatakan kurang sukses, karena hanya bisa menghasilkan pendapatan sebesar US$689,195 selama penayangannya di Perancis serta berbagai negara lain seperti Amerika Serikat, Peru, Mexico, Belgia dan Italia.




No comments:

Post a Comment