Saturday, May 20, 2017

Film Resident Evil Pelopor Kebangkitan Generasi Zombie Era Tahun 2000

Setelah George A. Romero merilis film The Night of The Living Dead di tahun 1968, maka Hollywood mulai melihat ada karakter baru yang bisa di exposed kepada penonton film alias moviegoers, yaitu zombie. Dan dengan kesuksesan dari film George A. Romero berikutnya, Dawn of The Dead di tahun 1978, maka di periode tahun 1980-an banyak sekali film zombie dibuat oleh industri film Amerika Serikat dan juga Eropa. Namun kebanyakan digolongkan menjadi B-Movies karena terlalu mengumbar adegan telanjang dan kesadisan tanpa memperdulikan kekuatan cerita. Sehingga George A. Romero akhirnya memutuskan untuk vacuum atau istirahat dari membuat film zombie dulu seusai merilis film zombie ketiganya, Day of The Dead di tahun 1985.

Memasuki tahun 1990-an, film horror dengan genre zombie masih terpuruk dan hanya menjadi film komoditas B-Movies saja, tidak terlalu dilirik oleh pemain besar Hollywood. Walau ada beberapa film zombie yang dianggap bagus oleh kritikus film horror, seperti Night of  The Living Dead (1990) yang merupakan remake dari versi aslinya tahun 1968 dan dibuat oleh Tom Savini, serta Dead Alive (1992) sebuah film karya dari Peter Jackson sebelum dirinya menjadi sutradara terkenal dengan trilogy film Lord of The Rings.

Hingga akhirnya Capcom sebagai pembuat video game dari Jepang mengeluarkan sebuah game zombie bernama Resident Evil untuk Play Station 1, dan  menjadi fenomena bagi para gamer di tahun 1996. Kesuksesan game Resident Evil akhirnya dilirik oleh Hollywood, dan film layar lebarnya segera dibuat dengan memakai Mila Jovovich sebagai artis utamanya. Ketika film Resident Evil dirilis pada tahun 2002, ternyata hasilnya sungguh luar biasa, sukses besar. Dengan budget produksi US$33 juta namun bisa memberikan pendapatan sebesar US$103 juta.

Kesuksesan film Resident Evil itu menjadi pembuka jalan bagi para pelaku film untuk membuat cerita horror dengan genre zombie, karena pasarnya sudah ada. Dan setelah itu muncul beberapa film zombie lainnya seperti 28 Days Later (2003), House of the Dead di tahun 2003 yang juga berasal dari game, Dawn of The Dead (2004), Shaun of The Dead (2004), Resident Evil: Apocalypse (2004) yang merupakan sekuel dari film Resident Evil, dan lainnya hingga kini. Bahkan George A. Romero memutuskan untuk balik membuat film zombie setelah 20 tahun lamanya absen, yaitu Land of The Dead di tahun 2005 dengan melibatkan beberapa aktor terkenal Hollwood seperti Dennis Hopper dan John Leguizamo main dalam film tersebut. Dan film zombie kembali eksis serta menjadi ajang kreatifitas bagi para pelaku film di dalam mengekspresikan imajinasi mereka. Ada yang sukses di pasaran, dan ada juga yang langsung dijual melalui jalur DVD atau home media tanpa sempat dirilis ke bioskop dahulu. Termasuk hadirnya serial zombie terkeren, yaitu The Walking Dead sejak season petama di tahun 2010 yang terus berlanjut sampai sekarang.

Beberapa film zombie bagus yang langsung dilempar ke DVD diantaranya adalah Dead Air (2007), Dance of the Dead (2008), Fistful of Brains (2008), Zombie Strippers (2008), Devil's Playground (2010), Horrid (2011), dan banyak lagi.

Satu hal pasti mengenai film Resident Evil dan seluruh sekuel atau lanjutannya adalah  film ini mendapatkan penghargaan dari Guinness World Records Gamer's Edition di tahun 2012 sebagai most live-action film adaptations of a video game. Dan juga menjadi film serial layar lebar berdasarkan video game yang memperoleh pendapatan kotor tertinggi, dengan total dari enam film Resident Evil adalah sebesar US$1,233,229,454. Sementara budget produksi untuk semua film Resident Evil berada diangka US$290 juta.

Sepanjang serial Resident Evil ditayangkan, film ini telah berhasil mendapatkan 12 penghargaan, sebagai berikut:
- Best Achievement in Sound Editing untuk film Resident Evil: Apocalypse di 25th Genie Awards tahun 2005
- Golden Reel Award untuk film Resident Evil: Apocalypse di 25th Genie Awards tahun 2005
- International Film Music Award (Jeff Dana) untuk film Resident Evil: Apocalypse di SOCAN Awards tahun 2006
- International Film Music Award (Jeff Dana) untuk film Resident Evil: Apocalypse di SOCAN Awards tahun 2007
- International Film Music Award (Jeff Dana) untuk film Resident Evil: Apocalypse di SOCAN Awards tahun 2008
- International Film Music Award (Jeff Dana) untuk film Resident Evil: Apocalypse di SOCAN Awards tahun 2009
- Best Action Poster untuk film Resident Evil: Extinction di Golden Trailer Award tahun 2008
- Best Science Fiction Actress (Mila Jovovich) untuk film Residen Evil: Extinction di Scream Award tahun 2008
- Golden Reel Award untuk film Resident Evil: After Life di 31st Genie Awards tahun 2011
- Best Science Fiction Actress (Mila Jovovich) untuk film Resident Evil: After Life  di Scream Award tahun 2011
- Best Achievement in Visual Effects untuk film Resident Evil: Retribution di 1st Canadian Screen Awards tahun 2013
-  Golden Reel Award untuk film Resident Evil: Retribution di 1st Canadian Screen Awards tahun 2013

No comments:

Post a Comment