Thursday, May 11, 2017

Menunggu Sekuel FIlm Zombieland 2

Di tahun 2009, penggemar film zombie dibuat senang dengan adanya film Zombieland. Sebuah film zombie comedy yang dibintangi oleh Woody Harrelson, Jesse Eisenberg, Emma Stone dan Abigail Breslin, serta Bill Murray yang memerankan dirinya sendiri atau cameo. Film zombie dengan budget US$23.6 juta namun bisa menghasilkan pendapatan sebesar US$102.4 juta, bahkan di Amerika Serikat saja mampu meraih US$75.6 juta atau tepatnya US$75,590,286. Dan lebih gilanya lagi, saat Zombieland diluncurkan sebagai DVD dan Blu-Ray di tahun 2010, penjualannya di Amerika Serikat mencapai angka US$39,786,600 dan US$15,897,574 sehingga totalnya adalah US$55,684,174.

Film ini disutradarai oleh Ruben Fleischer, dan Zombieland merupakan film layar lebar pertamanya. Dan film Zombieland juga banyak meraih penghargaan, seperti di Scream Awards tahun 2009 mendapatkan Special Awards untuk kategori Breakout Movie of the Year. Di Scream Awards tahun 2010 meraih penghargaan sebagai Best Horror Movie dan juga Best Ensemble. Zombieland juga menyabet penghargaan untuk kategori Best Horror Movie of The Year dan Most Memorable of The Year di Golden Schmoes tahun 2009, serta di Sitges Film Festival tahun 2009 dalam penghargaan Audience Award El Periodice de Catalunya untuk kategori Best Motion Picture.

Cerita di Zombieland cukup simple, mengenai empat orang survivor dalam situasi zombie apocalypse di Amerika Serikat dengan segala keinginan dan harapan serta konflik diantara mereka, namun pada akhirnya mereka sepakat bersatu sebagai keluarga dan siap mengarungi kehidupan di dunia zombie bersama-sama.

Zombie apocalypse terjadi dari zombie outbreak yang dimulai akibat adanya virus dari mad cow disease, kemudian bermutasi menjadi mad person disease, dan berakhir sebagai mad zombie disease sehingga menyebabkan hampir seluruh populasi manusia di Amerika Serikat terinfeksi menjadi zombie ganas dan rakus.

Serunya dalam film ini diberikan tips untuk menghadapi zombie, yaitu The Rules of Survival. Biasanya muncul  di layar berupa tulisan pada saat terjadi narasi oleh Columbus, karakter yang Jesse Eisenberg mainkan dengan bagus dalam film ini. Misalnya kata-kata seperti "Cardio" atau "Beware of Bathrooms" dan "Check the Back Seat" jadinya lucu dan kreatif. Juga ada kategori Zombie Kill of The Week di film ini.

Zombie dalam film Zombieland bukanlah zombie jalan ala The Walking Dead atau zombie karya George A. Romero, namun lebih kepada tipe zombie lari seperti di film Dawn of The Dead versi Zack Snyder dan 28 Days Later dari Danny Boyle. Dan di film Zombieland melibatkan tidak kurang dari 160 zombie, termasuk artis Amber Heard sebagai zombie yang pertama kali dibunuh oleh Columbus.

Karena film Zombieland ini cukup sukses, maka kemungkinan dibuat sekuel atau lanjutannya sangatlah terbuka lebar. Bahkan penulis cerita Zombieland, yaitu Rhett Resse dan Paul Wernick telah mengkonfirmasi kalau skenario Zombieland 2 telah selesai dan sudah dibaca oleh keempat pemain utamanya. Hanya saja sekarang ini situasinya berbeda dengan tahun 2009, dimana pada saat itu Emma Stone dan Jesse Eisenberg dapat dikatakan sebagai aktor dan artis baru di Hollywood. Sehingga produksi film bisa hanya diangka US$23.6 juta. Namun sekarang Emma Stone adalah salah satu artis dengan bayaran yang cukup tinggi, dan telah mendapatkan Oscar sebagai Best Actress dalam film La La Land. Begitu juga dengan Jesse Eisenberg yang juga pernah masuk sebagai  salah satu nominasi Best Actor dalam penghargaan piala Oscar tahun 2010, dan dibayar mahal untuk perannya sebagai Lex Luthor di Batman v Superman: Dawn of Justice. Jadi untuk mengulang biaya produksi yang bisa dikatakan tidak terlalu tinggi untuk film Zombieland 2 adalah tidak mungkin, walau Woody Harrelson menyatakan siap untuk melanjutkan perannya sebagai Tallahassee di film ini. Okay, let's wait and see...

No comments:

Post a Comment