Wednesday, June 28, 2017

Ketika Zombie Outbreak di Afrika Dalam Film The Dead

Menceritakan terjadinya zombie outbreak yang melanda Afrika sehingga menjadikan hampir seluruh manusia di daratan Afrika menjadi zombie, namun ada seorang tentara Amerika Serikat yang bekerja sebagai mekanik pesawat terbang dengan pangkat Letnan bernama Brian Murphy dan merupakan salah seorang survivor saat pesawat evakuasi terakhir yang ditumpanginya jatuh di perairan pantai Afrika Barat. Letnan Brian Murphy berencana kembali ke Amerika Serikat untuk bertemu dengan keluarganya, namun pesawat yang dinaikinya sebenarnya masih dalam tahap reparasi tetapi sudah dipaksa terbang akibat adanya serbuan zombie ke airport, sehingga saat mengudara belum bisa terbang dengan benar dan jatuh ke laut.

Letnan Brian Murphy selamat dari kecelakaan pesawat tersebut dan melanjutkan perjalanannya melintasi daratan Afrika menuju pangkalan militer terdekat namun jauh jaraknya dari lokasi berada. Dalam perjalanan dirinya bertemu dengan tentara Afrika bernama Daniel Dembele yang sedang mencari anaknya  karena desa tempat tinggalnya diserang zombie dan membunuh ibu serta istrinya, namun anaknya berhasil diselamatkan oleh pasukan Afrika untuk dibawa ke pangkalan militer. Karena keduanya menuju arah yang sama, maka perjalanan dilanjutkan dengan banyak bertemu zombie di dalam perjalanan mereka, dan itulah cerita film The Dead secara garis besarnya. 

The Dead adalah film zombie dari Inggris yang dibuat oleh The Ford Brothers, yaitu Howard dan Jon Ford. Perusahaan yang memproduksi ilm ini adalah Indelible Productions dan Latitude Film, serta dirilis pada tahun 2010. Dibintangi oleh Rob Freeman sebagai Letnan Brian Murphy, dan Prince David Oseia sebagai Daniel Dembele. Proses shooting dilakukan di negara Burkina Faso dan Ghana, di Afrika. Namun untuk adegan di dalam pesawat hingga pesawat jatuh, proses shooting dilakukan di negara Inggris.

Semua zombie dalam film The Dead merupakan zombie tipe Apocalyptic alias walking zombie seperti dalam film zombie karya George A. Romero, namun banyak jumlahnya. Bahkan  juga melibatkan orang-orang yang anggota tubuhnya sudah diamputasi, misalnya tanpa kaki atau lengan untuk berperan menjadi zombie. 

Makeup zombie dalam film The Dead tidak terlalu mengerikan seperti dalam serial The Walking Dead karena bisa dikatakan masih fresh zombie, namun tetap banyak mengambil adegan sadis seperti zombie menggigit leher manusia atau memakan daging tangan, cipratan/muncratan darah, dan sebagainya.

Sebagai penggemar film zombie, maka film The Dead adalah sebuah film zombie yang bagus buat ditonton. Ceritanya cukup menegangkan, ada action dan juga sedikit drama serta cukup menyentuh. Jadi tidak cuma kejar-kejaran, saling bunuh dan gigit-gigitan, tetapi ada sisi humanis di dalam kisahnya. Dan banyak penggemar film horror serta kritikus film yang memuji film The Dead ini.

Di tahun 2013, The Ford Brothers merilis sekuel dari The Dead dengan judul The Dead 2: India namun tidak sebagus film The Dead hasilnya.

No comments:

Post a Comment