Sunday, June 4, 2017

Zombie Tidak Harus Makan Manusia Dalam Film Survival of The Dead

Sementara ini menjadi film zombie terakhir dari The Grandfather of Zombie, the one and only George A. Romero, yang dirilis pada tahun 2009 dan dibuat dengan budget produksi sebesar US$4 juta. Tetapi tidak begitu sukses karena hanya menghasilkan US$436,529 setelah dirilis ke umum.


Survival of The Dead merupakan paralel film dari salah satu karya George A. Romero sebelumnya, yaitu Diary of The Dead yang dirilis pada tahun 2007. Jadi setting ceritanya berada dalam situasi zombie outbreak yang sama, dan para tokoh utama dalam film ini juga muncul sebentar di Diary of The Dead.

Menceritakan tentang empat tentara Nasional Guardsmen yang melarikan diri dari pasukannya, dan  bertemu dengan survivor yang mengabarkan kalau ada satu pulau dimana bebas dari zombie, yaitu Pulau Plum di dekat pantai Delaware. Namun di Pulau Plum itu sebenarnya sedang terjadi konflik antara dua keluarga asal Irlandia akibat zombie, dikarenakan keluarga pertama ingin semua zombie yang ada di pulau itu dibunuh tetapi keluarga satu lagi merasa zombie tidak usah dibunuh dahulu dengan alasan akan ada obatnya sehingga para zombie dapat kembali hidup menjadi manusia.Para tentara desertir tersebut akhirnya setuju untuk pergi ke Pulau Plum dan akhirnya terlibat di dalam perselisihan kedua keluarga Irlandia.

Film ini sebenarnya cukup menarik, brutal dan sadis, namun kurang mengagetkan serta dapat ditebak alur ceritanya. Dan kembali lagi George A. Romero seperti berusaha mengubah persepsi tentang zombie kalau makhluk itu dapat diajar atau belajar seperti manusia. Sebelumnya George A. Romero telah mencobanya di film Day of The Dead dengan adanya karakter zombie bernama Bub, lalu di film Land of The Dead, dan sekarang dengan film ini.

Di Survival of The Dead, George A. Romero juga mencoba memberi masukan kalau zombie itu tidak harus makan manusia, tetapi bisa diajarkan untuk memakan makhluk lainnya, seperti seekor kuda. Dan kemungkinan teori tersebut diadopsi oleh Greg Nicotero serta Robert Kirkman dalam serial zombie The Walking Dead, dikarenakan zombie atau walkers di serial tersebut selain makan manusia juga memakan segala hewan yang ada, seperti kuda, rusa, tikus, dan babi.

Dikabarkan bahwa saat screening film Survival of The Dead di kota New York, tepatnya di Madison Square Park, pada Mei 2010, ada sekitar 300 partisipan yang melakukan aksi zombie walk, dan George A. Romero juga hadir di acara tersebut.

George A. Romero ketika diwawancara oleh media online Shock Till You Drop di tahun 2010 mengatakan bahwa keinginannya adalah membuat dua projek film Dead lagi, bahkan itu akan menjadi Back-to-Back sekuel. Diawali oleh film Diary of The Dead, kemudian Survival of The Dead, dan akan ada dua film zombie lanjutannya lagi. Menurut George A. Romero, yang empat film pertama, yaitu The Night of The Living Dead (1968), Dawn of The Dead (1978), Day of The Dead (1985) dan Land of The Dead (2005) adalah Chapter One. Sedangkan Chapter Two dimulai dari film Diary of The Dead dan seterusnya. Jadi tinggal ditunggu saja realisasinya, dan pantau terus blog ini untuk info lebih lanjutnya. Salam zombie!

No comments:

Post a Comment