Wednesday, June 7, 2017

I Am Legend Bukan Film Zombie

Sampai sekarang masih banyak penggemar film horror yang mengatakan kalau film I Am Legend, dibintangi oleh Will Smith, merupakan film zombie. Mungkin dikarenakan awal muasalnya berasal dari virus yang menyebabkan manusia berubah menjadi makhluk pembunuh manusia, atau mungkin juga disebabkan oleh adegan mereka sedang memakan kijang atau rusa secara ramai-ramai dengan tangan bukan dihisap darahnya seperti layaknya film vampire?

Namun sebenarnya makhluk dalam film I Am Legend itu bukanlah zombie, dan juga bukan merupakan sebuah film dengan genre zombie. Tetapi lebih mendekati film vampire, bahkan makhluk dalam film I Am Legend yang disebut sebagai The Dark Seekers (atau Darkseekers) atau hemocytes, yaitu manusia yang terinfeksi virus lalu bermutasi menjadi makhluk mutant agresif dan kuat, serta mempunyai daya penciuman tajam namun sensitif terhadap sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV). Sehingga makhluk-makhluk tersebut hanya keluar di malam hari, dan dikala siang sembunyi di dalam kegelapan gedung.

Virus penyebab terjadinya kekacauan itu bernama Krippin Virus atau KV, diciptakan oleh Dr. Alice Krippin, yang awalnya ditujukan untuk mengobati penyakit kanker dengan cara membunuh sel kanker saja . Tetapi virus tersebut kemudian bermutasi dan menjadi berbahaya serta dapat menular melalui udara. Sehingga dalam waktu singkat menginfeksi dan membunuh 90% populasi manusia di dunia, kecuali 1% golongan manusia yang kebal atau immune terhadap virus tersebut. Virus KV selain menginfeksi manusia juga dapat menginfeksi hewan peliharaan seperti anjing dan tikus, tetapi tidak berbahaya bagi binatang liar.

I Am Legend diadaptasi dari sebuah novel vampire karya Richard Matheson yang diterbitkan di tahun 1954, dan sebelumnya oleh insan film Hollywood telah dijadikan film dengan judul The Last Man on Earth di tahun 1964, dan The Omega Man di tahun 1971.




Film I Am Legend menceritakan tentang seorang Letnan Kolonel dari pasukan Amerika Serikat yang juga merupakan virologist atau seorang ahli virus, bernama Robert Neville (Will Smith), yang merupakan seorang survivor dan hidup sendirian bersama Samantha, seekor anjing dengan jenis German Sheperd, di kota New York pasca virus outbreak. Saat itu sudah tidak ada lagi manusia lain di kota New York selain dirinya, namun Robert Neville setiap siang hari tetap melakukan broadcast melalui radio pemancar untuk mencari survivor lainnya. Dan Robert Neville juga terus melakukan percobaan dirumahnya untuk mendapatkan treatment anti-virus. Sehingga pada suatu hari dirinya bertemu sekumpulan The Dark Seekers, dan menjadi musuh dengan Alpha Male Dark Seekers karena Robert Neville menangkap salah satu anggotanya, atau Female Dark Sekers.


Selain Will Smith, ada artis Emma Thompson berperan sebagai Dr. Alice Krippin. Kemudian artis dari Brazil, yaitu Alice Braga ikut berperan sebagai survivor lainnya, Charlie Tahan sebagai survivor anak kecil, Salli Richardson sebagai istri Robert Neville, dan Willow Smith yang merupakan anak dari Will Smith ikut bermain sebagai anaknya Robert Neville. Serta Dash Mihok sebagai Alpha Male Dark Seekers. Sementara suara dari The Dark Seekers memakai suaranya Mike Patton dari group band Faith No More.  Dan film I Am Legend disutradarai oleh Francis Lawrence yang sebelumnya menyutradarai film horror Constantine di tahun 2005.

Dengan budget sebesar US$150 juta namun film I Am Legend berhasil meraup penghasilan sebesar US$585,349,010 dan menjadi Box Office. Ditambah lagi dengan pendapatan dari hasil penjualan DVD sebesar US$126.2 juta menjadikan film I Am Legend sebagai salah satu film tersukses di dunia.

Penghargaan yang didapatkan film I Am Legend terbilang cukup banyak, dengan total 9 awards, yaitu:
- Saturn Award untuk kategori Best Actor (Will Smith) dari Academy of Science Fiction, Fantasy and Horror Films 2008
-  ASCAP Award untuk kategori Top Box Office Films (James Newton Howard) dari ASCAP Film and Television Music Awards 2008
- Golden Trailer Award untuk kategori Best Horror dari Golden Trailer Awards 2008
- Golden Trailer Award untuk kategori Best Sound Editing dari Golden Trailer Awards 2008
- MTV Movie Award untuk kategori Best Male Performance (Will Smith) dari MTV Movie TV Awards 2008
- Teen Choice Award untuk kategori Choice Movie: Horror/Thriller dari Teen Choice Awards 2008 
- Teen Choice Award untuk kategori Choice Movie Actor: Horror/Thriller (Will Smith) dari Teen Choice Awards 2008
- World Soundtrack Award untuk kategori Soundtrack Composer of the Year (James Newton Howard) dari World Soundtrack Awards 2008 
- MTV Movie Award untuk kategori Best International Movie dari  MTV Movie Awards 2009 di Rusia


Yang membuat film I Am Legend bukanlah merupakan film zombie dikarenakan makhluk yang disebut sebagai The Dark Seekers takut dengan cahaya matahari dan sinar UV seperti layaknya vampire, kemudian figur The Dark Seekers adalah serupa bentuknya. Sementara zombie tidak takut dengan cahaya matahari, bisa keluar di waktu kapan saja, dan tidak menjadi sama bentuknya setelah terinfeksi serta bertransformasi wujud dari manusia menjadi the infected atau zombie.







No comments:

Post a Comment